Distributor Scrol Compressor Jakarta

Tentang Scroll compressor

Distributor Scrol Compressor Jakarta
Kompresor gulir adalah kompresor gerak orbital, kompresor tipe perpindahan positif yang memampatkan gas dengan dua gulungan antar pas.

Cara Kerja Kompresor Gulir 

Kompresor gulir sebenarnya terdiri dari dua gulungan atau spiral. Satu gulungan sedang bergerak, sedangkan yang kedua tetap (melekat pada badan kompresor). Orbit gulungan pertama (berputar) di jalur yang ditentukan oleh gulungan tetap kawinnya. Gulungan yang mengorbit terhubung ke poros engkol kompresor.

Akibat pergerakan gulungan tersebut, kantong gas terbentuk di antara dua gulungan. Di bagian luar gulungan, kantong menyedot gas dan kemudian bergerak ke tengah gulungan, di mana gas terkompresi dibuang. Saat gas bergerak ke kantong internal yang lebih kecil secara terus menerus, suhu dan tekanannya akan meningkat. Dengan demikian tekanan pelepasan yang diinginkan dicapai dengan gerakan gulungan kompresor.

Struktur kompresor tipe gulir

Kompresor gulir sepenuhnya kedap udara (tertutup dalam cangkang kompresor, yang biasanya merupakan cangkang baja yang dilas silinder). Mayoritas kompresor gulir yang digunakan dalam pendinginan dan layanan HVAC memiliki orientasi vertikal, dengan set gulir biasanya dipasang di bagian atas poros motor.

 Cara Menggunakan Katup Dalam Kompresor Gulir

Biasanya, katup hisap atau pelepasan tidak digunakan pada kompresor ini. Tetapi katup pelepasan dinamis lebih disukai pada pelepasan kompresor, saat beroperasi pada nilai tekanan diferensial tinggi. Dalam skenario seperti itu, memiliki katup dinamis pada pelepasan meningkatkan efisiensi pengoperasian kompresor. Misalnya, kompresor gulir beroperasi pada tekanan diferensial tinggi, dalam kasus aplikasi pendinginan. Dalam kasus seperti itu, katup pelepasan dinamis lebih disukai.

Tetapi dalam kasus lain, misalnya – AC, memiliki katup pembuangan sebenarnya menghasilkan kehilangan tekanan, sehingga mengurangi efisiensi. Karenanya ini biasanya tidak disukai.

Baca Juga Rental Screw Compressor Jakarta

Keuntungan Scrol Compressor 

Kompresor jenis gulir secara inheren lebih efisien dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya karena berbagai alasan:

1. Tidak adanya piston untuk kompresi gas memungkinkan kompresor gulir mencapai efisiensi volumetrik 100%, sehingga mengurangi biaya energi.

2. Kehilangan ekspansi ulang, fitur khas dari setiap langkah piston yang ditemui dalam model reciprocating, dieliminasi. Selain itu, kehilangan katup (port) dihilangkan, karena katup hisap dan pelepasan (port) tidak ada.

3. Kompresor gulir jauh lebih tenang dalam pengoperasiannya dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya, seperti misalnya jenis kompresor bolak-balik. Kompresor gulir biasanya menghasilkan kebisingan 5 hingga 15 dBA lebih rendah daripada jenis kompresor lainnya.

4. Karena getaran dan kebisingan yang lebih rendah, mereka tidak membutuhkan suspensi pegas.

5. Lebih sedikit bagian yang bergerak, getaran yang lebih rendah dan gesekan yang lebih sedikit juga berarti bahwa kompresor ini lebih tahan lama.

6. Bobot dan tapaknya jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis kompresor bulkier lain yang digunakan saat ini.

7. Pulsasi gas juga diminimalkan, jika tidak dihilangkan dan akibatnya, mereka dapat beroperasi dengan sedikit getaran.

Kekurangan Scrol Compressor 

1. Menjadi sepenuhnya kedap udara, mungkin kelemahan terbesar dari kompresor gulir adalah bahwa mereka umumnya tidak dapat diperbaiki dengan mudah. Mereka tidak dapat dibongkar untuk pemeliharaan.

2. Banyak kompresor bolak-balik yang toleran pada putaran di kedua arah. Ini biasanya tidak terjadi pada kompresor gulir.
Kontrol kapasitas tambahan pada sistem dengan beberapa kompresor gulir telah terbukti beberapa kali menjadi masalah juga.
Aplikasi

3. Sejak diperkenalkan, kompresor gulir telah berhasil digunakan dalam aplikasi yang melibatkan pendinginan makanan dan buah, transportasi truk, pompa vakum, kontainer laut, serta aplikasi AC komersial skala kecil hingga menengah.

Memilih Scroll Kompressor

Distributor Scrol Compressor Jakarta

Saat memilih kompresor, Anda dapat menggunakan motor fase tunggal atau 3 fase untuk kompresor. Ini sepenuhnya akan tergantung pada jenis sambungan listrik yang tersedia. Biasanya, koneksi fase tunggal tersedia. Jika sambungan 3 fasa tersedia, maka motor tiga fasa jauh lebih efisien.

Selanjutnya, Anda harus mempertimbangkan tekanan diferensial dan parameter laju aliran. Ada kompresor gulir berbeda yang tersedia di pasaran, yang memiliki kombinasi tekanan diferensial dan nilai laju aliran yang berbeda. Anda harus memilih salah satu yang mencakup persyaratan Anda tentang tekanan diferensial minimum tertentu pada laju aliran tertentu.

Selanjutnya, Anda dapat melihat parameter sekunder seperti tingkat kebisingan, dll. Tergantung di mana kompresor akan digunakan. Jika akan digunakan di AC perumahan, Anda akan lebih suka menggunakan model dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah.

Baca Juga Beli Screw Compressor Jakarta

Hubungi Kami

air dryer orionJika anda sedang mencari dan membutuhkan informasi Toko atau Website dimana menyediakan berbagai layanan kompresor, baik informasi Jual, Beli, Rental  dan Distributor segala jenis kompresor dan aksesoris Kompresor . anda dapat menghubungi kami Gapa Citra Mandiri

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan jual kompresor, Segera saja hubungi kami di bawah ini:

PT. GAPA CITRAMANDIRI
Jl. Radio Dalam No. 47 C, Kebayoran baru, Jakarta Selatan 12140
Call Office: 021 7399108 (hunting)
Phone: +62813 8126 9369
Email: gapacitramandiri@yahoo.com